Thursday 24 February 2011

Debat Kusir study kasus BB Vs Android

Blackberry atau yang lebih populer dengan sebutan BB saat ini sudah menjadi barang yang banyak dimiliki oleh pengguna HP. Akhir-akhir ini ada satu produk Operating System untuk Smartphone juga yang dikembangkan oleh Google yang bernama Android mulai merangkak naik menyaingi BB. Demam BB sudah lama terjadi sedangkan demam android belum terasa karena penggunanya belum sebanyak BB. Nah ada dua orang yang mengobrolkan masasalah dua vendor ini BB dan Android. Si Ape dan Si Hank, namanya agak aneh tidak apa-apa karena bukan nama yang sebenarnya. Ape pengen HP Android sedangkan Hank pengen BB. MAsing-masing punya argumen sendiri-sendiri, lebih kurangnya sebagai berikut:

Hank: BB bagus ya cocok buatku. Kan aku orangnya suka bersosialisasi, punya banyak teman dengan BB aku bisa BBM-an, jadi BB cocok buatku. Banyak yang pake BB, kalau g pake ntar g gaul. Paketnya tinggal pilih internetnya lancar.. 
Ape: Bagusan Android, banyak tuh aplikasinya di Android Market tinggal kita butuh apa download deh. N fiturnya tuh banyak ada Compas digital, GPS ada fitur2 google yang bisa kita pake lewat HP. keren tuh, Lagian kalau kerja lapangan berguna tuh buat navigasi tuh HP. keren to.

Nah, selanjutnya kita selidiki ternyata mereka berdua pake hape dengan merk no*kia tidak ada BB ataupun android ditangan mereka. mereka bisa mengutarakan argumen-argumen demikian cuma berdasarkan atas melihat teman-teman mereka yang memakai BB atau android. Yah kasihan sekali mereka, obrolanya tidak lebih dari sekedar SOTOY saja. Lain jika mereka masing-masing telah menggunakan BB dan android, argumen mereka bisa dipertanggungjawabkan. Nama lain dari debat seperti itu adalah Debat kusir, debat yang tidak formal dan mereka masing-masing tidak punya barang yang diperdebatkan, misalkan tidak diperdebatkan juga tidak mengapa. Kadang hal-hal seperti itu menjadi rusuh jika tidak ada yang mengalah dan kokoh pada argumen masing-masing yang tidak jelas dasar teorinya. 

by Arruzzi

No comments:

Post a Comment