Saturday 19 February 2011

Streaming Radio dan TV di Internet

Stream (B.Inggris) berarti sungai, aliran urutan, berkas (kata benda), atau mengalirkan, mengalir (kata kerja). Sementara itu yang dimaksud dalam Streaming Internet ini merupakan streaming media (suara maupun video) melalui media internet. Menurut wikipedia Streaming media is multimedia that is constantly received by and presented to an end-user while being delivered by a streaming provider. Itu merupakan sekilas mengenai istilah dan pengertian yang kadang tidak kita pahami. Paham atau tidak mengenai pengertian tersebut marilah kita langsung membahas mengenai streaming yang ada di internet.
Suara atau video diterima secara konstan oleh kita pengguna melalui media internet. Hal ini sangat menarik karena kita bisa mendengarkan, bisa melihat dimanapun dan kapanpun kita berada asalkan kita memiliki koneksi internet. Kita bisa mengakses siaran dari seluruh penjuru dunia, mulai dari barat, hingga timur dunia ini asalkan mereka memiliki streaming ke internet. Nah pertanyaan selanjutnya bagaimana kita bisa menggunakan fasilitas tersebut ketika kita memiliki koneksi internet?.

Pertama, kita harus memiliki atau tahu alamat (address) website yang menyediakan radio atau video streaming tersebut. Banyak sekali media yang menyediakan jasa ini, contoh dalam hal ini antara lain:
  1. www.jogjastreamers.com (kumpulan streaming radio)
  2. mivo.tv (kumpulan streaming TV)
Contoh di atas merupakan website yang mengumpulkan beberapa channel lokal dari Indonesia. Sebenarnya streaming dapat diakses melalui wabsite resmi dari masing-masing provider stasiun radio atau TV tersebut. 

Kedua, kadang setelah kita mengakses website tersebut ternyata tidak bisa kita menggunakan streaming karena plugin kita ternyata ada yang kurang. He..he.. ini bagi orang yang baru saja mengenal internet mungkin sangat menyebalkan. Karena sudah punya internet dengan kecepatan tinggi misalkan tetapi koq tetap tidak bisa streaming. Kesalahan ini bukan terletak pada koneksi internet, tetapi pada manusianya dan browsernya (SOTOY MODE ON). 
  1. Coba cek apakah sudah ada plugin flashplayer untuk Windows, Macintosh, Linux, bisa dicari dan diunduh disini
  2. Jangan senang dulu karena plugin tersebut masih kurang karena harus ada pugin yang lain dan bisa menggunakan windows media player plugin dapat diunduh disini. Sekarang masih bisa digunakan tuh streaming.
Berikut ini kumpulan dari website yang menyediakan streaming:

Radio
  1. http://kaskusradio.com/ (radio kaskus)
  2. http://www.salafybpp.com/ (bagi Muslim yang suka ngaji)
  3. http://www.swaragama.com/ (radio swaragama)
  4. http://www.jogjastreamers.com (jogja family - kumpulan radio streaming)
  5. http://www.bbc.co.uk/iplayer/console/bbc_asian_network (Radio BBC ASIA)
  6. dll,  (bisa search sendiri)
TV
  1. mivo.tv (kumpulan streaming TV)
  2. http://www.metrotvnews.com/read/streaming_id (METROTV)
  3. http://video.tvone.co.id/streaming/ (TVONE)
  4. dll,  (bisa search sendiri)
by Arruzzi

No comments:

Post a Comment