Sunday 18 March 2012

Software CacheMaster (Extraksi data dari Google Earth) : Tutorial dan Software

Oleh: Rajib Khafif Arruzzi
CacheMaster software untuk mengextract cache dari software google earth (GE), baik free, pro maupun gold. Sebagaimana kita ketahui jika kita menggunakan google earth dan membuka suatu lokasi, maka informasi lokasi tersebut akan tersimpan dalam cache. Menggunakan software CacheMaster kita dapat mengextract cache google earth menjadi format yang umum digunakan misalkan jpg. Kelebihan dari software ini adalah:
1.       Size kecil dan portable (tidak perlu instal)
2.       Hasil citra yang telah diextract telah memiliki informasi spasial
Paket software ini adalah file aplikasi CacheMaster.exe dan folder sas.maps, pastikan dua file tersebut ada dalam satu folder yang sama. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa software ini bisa mengextract semua jenis cache dari GE, tetapi penulis menyarankan untuk instal seri pro atau plus. GE Seri pro memiliki kelebihan pada cache yang telah diextract, yaitu image yang telah diextract akan dikelompokkan menurut tanggal pengambilan citra, hal ini tidak ditemui pada pada GE seri free. Jika kita menggunakan seri free, extraksi data yang kita dapatkan hanya dikelompokkan berdasarkan data zoom saja.

Tutorial dan Software cachemaster dapat didownload disini

4 comments:

  1. mas, citra google earth itu apakah boleh digunakan sebagai data untuk pemetaan lahan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. To Amalia: Setahu saya banyak penelitian di perguruan tinggi (penelitian S1, S2, maupun S3) dan instansi pemerintah menggunakan citra tersbut sebagai data utama (sejauh data tersebut tersedia). Jadi kesimpulannya boleh-boleh saja menggunakannya, asal menyebutkan sumber datanya. Terimakasih

      Delete
  2. bos,,kok di lapie ku ga da file dbcache nya ya??

    ReplyDelete
  3. mau tanya mas, kalau untuk windows 8 cari dbCache dimana ya?

    ReplyDelete