Wednesday 21 September 2011

Rooting Optimus One (superuser)


Oprek Android kurang lengkap jika belum di root, untuk mendapatkan akses ke "superuser". Rooting O1 gampang-gampang susah, gampang jika keadaan software versionnya 10c jika ternyata versinya 10b atau 10e maka setahu penulis susah untuk di root. Jalan keluarnya jika memiliki O1 dengan software 10b dan 10e perlu dilakukan upgrade atau downgrade terlebih dahulu sehingga menjadi versi 10c. Cek versi software di home -> setting -> about phone -> software version

Downgrade atau Upgrade:
Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:
  1. KDZ updater - bisa di download di sini
  2. Original ROM (file asli dari software versi V10c) - bisa pilih di sini (yang sudah terbukti adalah dari Eropa dan Singapore)
  3. LG USB Mobile Driver (LG Android Usb Modem, LGE Serial Usb Port and LG composite USB Device) - Bisa di download di sini
Langkahnya :
  1. Pastikan PC / Laptop kodisi tidak terkoneksi ke internet
  2. Extract KDZ Updater, pilih install msxml.msi dahulu (ikuti petunjuk).
  3. Install LG USB Mobile Driver
  4. Lepas microSD yang ada kemudian hidupkan O-1 dengan menekan (secara bersama-sama) tombol Volume Up + tombol Back + tombol POWER - sampai layar berwarna kuning dan muncul tulisan "Emergency Mode". 
  5. Hubungkan O1 dengan PC / laptop kabel data - Windows akan mengenali adanya Hardware baru dan menginstall driver yang dibutuhkan diatas. Pastikan 3 Driver tersebut diatas terinstall dengan baik (Cek di Device Manager)
  6. Jalankan KDZ Updater, pilih Type |3GQCT| pada dan pilih PhoneMode |DIAG|. Browse dimana Original ROM di simpan (V10x_00.kdz -- x = Versi ROM)
  7. Tekan Software Update... kemudian berdoalah supaya semuanya lancar..   
  8. Butuh waktu beberapa menit untuk selesainya proses update ini. 
  9. Kalau sudah Finish tekan Exit. proses selesai, Hidupkan kembali O1, jika proses berhasil maka O1 akan normal kembali.
Rooting
Rooting saya lakukan dengan menggunakan Zroot bisa download disini

Langkah untuk root:
  1. Run app kemudian pilih permanent root
  2. Tunggu O1 akan ngerestart sendiri
  3. Setelah restart, sekarang O1 nya udah ke root+busybox+superuser automatis terinstal
Sumber: kaskus dan xda

No comments:

Post a Comment