Tuesday 20 September 2011

Internet

Internet, kata yang sering sekali terdengar dan dikatakan oleh orang-orang pada saat ini. Kata yang sudah tidak asing lagi di telinga itu ketika terdengar akan terbayang, browsing, streaming, chatting, download, facebook, email dll. Sebenarnya internet itu apa, pengertian awal dan definisi dari internet beberapa orang mungkin belum tahu, walaupun sering menggunakannya. Keingintahuan mengenai internet juga ternyata masuk ke dalam otak penulis, sehingga mulailah browsing dan surfing untuk mendapatkan informasi mengenai definisi dari internet. Nah sasaran yang pertama di sambangi adalah mbah Google, ketikan kata internet, dan hasilnya terindeks  Sekitar 6,360,000,000 hasil dari pencarian dengan kata kunci internet dalam jangka waktu 0,13 detik. pada urutan pertama merujuk pada Ensiklopedia online yaitu Wikipedia, langsung aja klik dan langsung aja masuk ke halaman wikipedia yang khusus membahas mengenai kata internet. Dijelaskan bahwa internet Secara harfiah, Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. 
Pengertian diatas merupakan comotan langsung dari wikipedia dengan bahasa yang lain internet merupakan sebuah sistem yang menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain dengan menggunakan alat bernama Internet protocol Suite sehingga informasi dapat berpindah dari satu komputer ke komputer yang lain. 
Manfaatnya sangatlah besar dimana informasi mengalir dengan cepat tanpa adanya halangan lokasi dan jarak. Orang di Amerika, eropa dan Asia dalam waktu yang sama bisa mendapatkan informasi yang sama dalam waktu yang bersamaan. Tanpa harus melakukan perjalanan yang jauh, seseorang bisa mendapatkan barang yang berada di tempat yang jauh dan barang akan datang ke rumah diantar oleh jasa kurir. Jika informasi dapat dikuasai maka banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari informasi tersebut. Dan informasi tersebut bisa diperoleh dengan teknologi yang bernama internet.  

No comments:

Post a Comment